Kebutuhan internet di Indonesia telah merambah ke berbagai
elemen dan aspek kehidupan, termasuk dunia kerja dan karir. Hal ini terlihat
dari hasil berbagai survei dan riset yang menemukan fakta-fakta menarik seputar
penetrasi internet dan dampaknya dalam kehidupan sehari-hari, terutama bagi
dunia kerja dan karir;
1.
1 dari 3 anggota keluarga & relasi kita adalah pengguna
internet. Banyak hasil survei di kota-kota besar Indonesia (Urban)
menyatakan bahwa penetrasi internet di kota tersebut sangat tinggi, terlihat
dari tingginya angka penjualan smartphone, notebook dan netbook.
2.
8 dari 10 menggunakan perangkat mobile / gadget untuk mencari
pekerjaan melalui internet. Rata-rata orang menggunakan perangkat mobile atau gadget (smartphone/handphone,
tab, laptop) untuk ter-connect dengan jaringan internet guna
mencari pekerjaan –Yang mana kalangan ekonomi menengah ke bawah lebih
menggunakansamrtphone atau handphone untuk
mengakses internet, sedangkan kalangan ekonomi menengah ke atas menggunakan 2 gadget sekaligus,
yaitu handphone dan laptop pribadi.
3.
Media konvensional bukan lagi menjadi referensi utama pengguna
internet untuk mencari kerja. Saat ini internet telah menjadi referensi
utama untuk mengakses berita dan informasi seputar dunia kerja dan karir. Media
konvensional seperti koran, majalah, tabloid, dan lainnya justru menjadi
referensi paling akhir (terbawah) bagi para pencari kerja saat ini –Tercatat
hingga tahun 2013, sekitar 82 persen pencari kerja di Indonesia mencari
pekerjaan melalui job portal (situs lowongan kerja).
4.
9 dari 10 pengguna internet memilih mencari pekerjaan melalui
sosial media. Situs media sosial seperti Facebook & Twitter merupakan
situs yang paling diminati, terutama bagi pengguna internet di Indonesia. 90
persen dari pengguna internet di Indonesia memanfaatkan situs Facebook untuk
mencari referensi pekerjaan dan 20 persen lainnya memilih menggunakan Twitter
–Ini merata di semua strata ekonomi serta sosial.
5.
Dalam satu minggu rata-rata orang menghabiskan 50-60 jam untuk
mengakses internet. Dari banyak hasil riset, pengguna internet bisa menghabiskan
waktu sampai dengan 60 jam setiap minggunya untuk tetap terhubung dengan
internet untuk melakukan berbagai aktifitas online, mulai dari
mengecek timeline di media sosial, email, sampai dengan
jual-beli –Yang mana dari sebagian besar berhubungan dengan pekerjaan dan
karir.