Meskipun menjadi penjual online relatif mudah namun
faktanya masih banyak penjual online yang tidak mengerti langkah-langkah sukses
dalam berjualan online, sehingga bisnis yang dikembangkan ke media online pun
tidak ada peningkatan dan tidak terjadi peningkatan penjualan seperti yang
diharapkan. Untuk sukses dalam berjualan disini akan kita bahas kunci sukses
jualan online.
1. Penulisan
Nama Produk
Penulisan nama produk akan sangat berpengaruh pada
hasil pencarian di mesin pencari seperti google. Semakin deskriptif judul yang
Anda tuliskan akan semakin mudah ditemukan di hasil mesin pencarian untuk
produk yang Anda jual. Pastikan jangan hanya menulis nama produk dengan lengkap
tapi tidak berlebihan.
2. Desain Toko online
Desain toko online merupakan
faktor penting dalam kesuksesan berjualan online, karena dengan desain yang
menarik dan profesional maka seorang pembeli saat melihat toko online Anda akan
merasa percaya bahwa toko online yang dikunjungi adalah toko online yang dapat
di percaya, sehingga dapat memberikan rasa percaya bagi pembeli saat akan
membeli produk di toko online Anda.
3. Penulisan
Deskripsi
Dalam menulis deskripsi produk
sebaiknya di tulis dengan jelas dan lengkap, tidak terlalu panjang dan tulislah
deskripsi dengan unik atau tidak copy paste dari situs lain. Lebih baik membuat
deskripsi produk dengan bahasa sendiri dan lebih mengutamakan untuk menulis
manfaat produk tersebut, jika Anda menjual produk seperti gadget maka tuliskan
spesifikasi dengan lengkap. Hal tersebut selain menjadikan pembeli merasa puas
dengan deskripsi Anda juga akan menjadikan produk Anda mudah ditemukan di mesin
pencarian.
4. Pelayanan
Maksimal
Para konsumen tidak hanya mau
membeli karena produk Anda bagus, bisa jadi juga karena pelayanan terbaik yang
menjadikan konsumen melakukan transaksi di toko online Anda Dengan pelayanan
yang baik, dapat di pastikan konsumen baru akan tertarik dengan produk Anda dan
konsumen lama Anda akan melakukan pembelian berulang ke situs Anda.
Memberikan pelayanan yang baik
bisa dengan memberikan layanan customer service yang ramah, cepat dalam
memberikan solusi jika terjadi masalah dan Anda berani memberikan jaminan uang
kembali jika terjadi kesalahan, tentunya dengan syarat dan ketentuan yang tidak
merugikan salah satu pihak. Dengan pelayanan maksimal seperti itu, maka
konsumen akan merasa tenang dan mudah dalam berkomunikasi.
5. Fitur
Social Share
Menambahkan fitur Social share di
toko online Anda akan memudahkan bagi Anda dalam mempromosikan setiap produk
Anda ke media social seperti facebook, twitter maupun media social lainnya.
Bukan hanya Anda yang dapat membagikan produk Anda di media social tapi bagi
pembeli yang merasa puas dengan produk tersebut juga secara otomatis dapat ikut
mempromosikan produk Anda ke teman-temanya di media social.
6. Promosikan
Toko Online
Sebagus apapun produk yang
dijual, semurah apapun harga produk Anda tawarkan, tanpa Anda melakukan promosi
tak akan berhasil menarik perhatian calon pembeli. Banyak media yang dapat Anda
gunakan untuk mempromosikan produk Anda di media internet. Seperti, website
atau blog yang sudah terkenal, forum jual beli, social media, maupun Google
AdWords.
7. Tampilkan
Testimonial
Testimonial positif dari konsumen
merupakan aset penting bagi bisnis online Anda. Dengan menampilkan terstimonial
positif dapat mempengaruhi kepercayaan konsumen lain sebelum membeli. Tampilkan
testimonial positif dari produk di toko online Anda. Selain itu testimonial juga
dapat meningkatkan reputasi dari produk Anda
8. Halaman
FAQ
Halaman FAQ sangat penting bagi
para pembeli untuk mengetahui informasi yang paling sering di pertanyakan,
dengan adanya informasi FAQ pembeli menjadi tidak perlu banyak bertanya tentang
bagaimana cara melakukan transaksi, berapa lama produk terkirim, bagaimana
proses pembayaran dan masih banyak lagi. Tambahkan halaman FAQ yang lengkap dan
jelas sehingga pembeli tidak kebingungan di situs toko online Anda.